TUKANG KUNCI

Tukang kunci yang mangkal di depan kantor pos Ngaliyan

Tukang kunci adalah pekerjaan yang membutuhkan ketekunan dan ketelitian. Ketekunan karena selain ia harus membeli stok kunci kosong ia juga harus mengumpulkan kunci bekas untuk menekan biaya produksi. Ini yang dilakukan oleh Bapak yang tidak mau disebutkan namanya. Ia adalah tukang kunci yang mangkal di depan kantor pos Ngaliyan. Ia menggeluti pekerjaan ini sejak ia SMA. “Sekitar 20 tahun mas saya bekerja seperti ini.” Tuturnya.
Mengganti kunci yang hilang atau menduplikat kunci baru selalu ia kerjakan selama ada permintaan. Dengan berbekal kikir dan pengunci duduk serta jangka sorong Bapak 4 anak ini (yang dua sudah meninggal) mampu membuat kunci yang mirip dengan kunci aslinya. Ia mematok harga setiap satu kunci yang ia buat sebesar Rp15.000 dan bisa lebih mahal tergantung tingkat kesulitan membuatnya dan bahan dasar kunci tersebut.
Setiap hari Bapak ini mendapatkan penghasilan sekitar Rp50.000. Pemasukan tiap hari ia gunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan menyekolahkan anaknya yang sekarang ini kelas 3 SMA dan Kelas 2 SMP.
Meskipun ia hanya sebagai tukang kunci ia mempunyai harapan besar pada masa depan anak-anaknya. “anak saya bilang ia ingin kuliah di unnes”. tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s