TIPS MEMILIH JURUSAN

Memilih jurusan adalah aktifitas yang dilakukan oleh para siswa yang baru saja lulus UN khususnya untuk jenjang SMA/MA/SMK. Mereka pasti sedang merencanakan jenjang selanjutnya, yaitu kuliah. Biasanya kita akan bingung untuk menentukan jurusan yang akan kita pilih. Karena hal itu menyangkut kemampuan serta kenyamanan kita saat kuliah nanti, buat apa memilih jurusan yang favorit sedangkan kita tidak nyaman dengannya. Dan percuma lagi kalau kita memilih jurusan yang ternyata sudah tidak dibutuhkan oleh masyarakat (mengikuti prinsip tujuan pendidikan). Jadi jurusan yang baik adalah jurusan yang kita enjoy di sana dan dibutuhkan oleh masyarakat terkini. 

Mengapa harus yang sesuai dengan minat dan bakat kita? karena apapun jurusan yang kita pilih jika kita enjoy di sana pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan. seperti memilih pakaian, jika kita memang sudah enjoy, maka kapanpun dan dimanapun kita akan selalu memakainya. sehingga tidak perlu berpikir ulang kembali mengapa kita memilih jurusan ini, karena jawabanyya adalah “kita menyukainya”. 

Mengapa harus yang dibutuhkan oleh masyarakat sekarang? Ini syarat yang aneh…tapi penting, kenapa? karena kita harus tahu betul mengapa kita mengambil suatu jurusan. Satu-satunya jawaban adalah karena jurusan inilah yang akan berguna untuk masyarakat indonesia pada saatnya nanti. secara akademis masyarakat indonesia sedang membutuhkan para lulusan yang jujur dan kompeten dalam berbagai bidang, apapun jurusannya sebenarnya semuanya bermanfaat bagi masyarakat, karena prinsip pengadaan suatu jurusan sudanh mempertimbangkan kebutuhan masyarakat, maka sebenarnnya antara minat dan kebutuhan masyarakat sudah sinkron sejak kali pertama. Tapi perlu diperhatikan bahwa memilih jurusan sebaiknya melihat hal-hal sebagai berikut:

1. Basic kemampuan kita

Apakah kita sudah banyak menekuni bidang tersebut, atau belum. kita bisa menilai diri kita sendiri apakah kita ini terampil dalam berhitung misalnya, atau kita terampil dalam mengkritisi sesuatu, berargumen, atau justru kita sering memberikan penilaian artistik, atau menyimpan gambar konsep dalam benak, dll. semua itu bisa terbaca dari diri kita sendiri. Terlepas dari jurusan di SMA IPA ataukah IPS, ataukah yang lain, namun itu bisa menjadi penilaian sementara. Kenyataannya banyak diantara lulusan IPA yang terjaring di Seni Artistik Bahasa, ada juga yang lulusan IPS yang terjun ke Sains dan lulus dengan nilai lumayan. Semua itu berjalan dengan penilaian kita masing-masing, jika kita menilai diri kita sanggup di Sains, maka semuanya bisa dilewati dengan mudah. 

2. Minat Kita

Minat adalah motivasi lebih dari diri seseorang untuk menjatuhkan pilihan pada suatu hobi atau aktifitas teretentu yang menurutnya bisa memuaskan dan menyenangkan. maka nilai motivasi dari minat ini perlu dipertimbangkan, jangan sekali-kali menurut atau mengekor perkataan orang lain yang tidak tahu samasekali tentang diri kita, tapi boleh saja mendengarkan, disimpan dan dipertimbangkan. Terlepas dari hal itu minat kita akan menentukan keseriusan kita dalam mendalami suatu bidang tertentu.

 

Image

3. Saran Orang tua

Ini perlu diperhatikan karena terkait dengan finansial. Namun tidak menutup kemungkinan juga, jika kita mempunyai niat yang kuat, memilih jurusan yang kita anggap sebagai jalan hidup kita, memperjuangkan segala sesuatunya termasuk financialnya. Banyak sekali jalan untuk bisa mandiri, kuliah sambil kerja adalah hal yang biasa untuk orang-orang yang sukses, banyak sekali kisahnya, from zero to hero…yang terpenting adalah niat dan kekuatan niat kita.

4. Kondisi Masyarakat di daerah kita

ini bisa menjadi acuan untuk memilih jurusan, karena kota asal adalah tempat yang harus kita perjuangkan terlebih dahulu, dengan begitu semua orang akan melihat pengaruh besar dari lulusan PT untuk daerah masing-masing. Jika daerah kita sedang dicanangkan program pengembangan pembangunan, maka kita bisa memilih jurusan teknik sipil. jika yang paling banyak dibutuhkan adalah lulusan pemdidikan, maka jangan sungkan untuk memilih jurusan pendidikan, demi daerah, demi generasi Indonesia.

Sedikit tips ini mungkin hanya akan emnyesaki pikiran para pembaca, namun perlu diketahui bahwa semua yang kita pilih mempunyai konsekensinya masing-masing, maka berpikir matang sebelum melangkahkan kaki kme jurusan teretentu di PT adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Salam hangat dari saya M.Abdurrohim.

6 thoughts on “TIPS MEMILIH JURUSAN

  1. ka saya lagi bingung minat saya dimana. kalau dari saya belum ada pandangan apa pun, di liat kemampuan si saya di bidang olahraga tenis meja doang tapi kak hehe, tapi saran ortu masuk akuntansi yang peluang kerjanya masih luas, sedangkan nilai matematika dan ekonomi saya buruk, gimana tuh? mohon saran nya ya kaa…….

    1. silakan masuk jurusan mana saja……olah raga adalah jalan umum, ambil bagian khususmu…..dimana saja kamu ambil jalan khususmu, disitu kamu pasti pake jalan umum…..jadi akuntansi dicoba, meski susah…..di dalam kamu ekstra olahraga….kembangkan di ekstra,…..insy dapat semua

  2. Kak saya lg bingung nih soal jurusan, mau IPA/IPS. Minat saya dari awal pengen kuliah PGTK nanti ambil jurusan psikolog brrtikan ambil jrusan IPS. tapi sya masih bngung kalo diliat IPA lbh bagus drpd IPS, tp kalo dliat dari hasil nilai IPA/IPS nilai IPS sy rendah. tp Ortu ngedukung sy stelah lulus MAN sy kuliah PGTK. mohon jawabannya ya kak..

    1. Jika kamu lebih enjoy di ipa itu lebih bagus……orang tua mendukung apa saja yang kamu pilih asal serius meraih prestasi…jurusan pgtk ndak harus ips justru ipa akan lebih kuat karakternya….tapi semua itu tinggl niat yg kuat dari nadhifa..kakak dulu ips…namun bisa masuk pendidikan fisika dan lulus menjadi wisudawan terbaik….

  3. Kak menurut kakak PGSD or PGTK ,, apakah itu jurusan yg menjajikan.??
    krn org tua saya hnya mampu membiayai di bidang tersebut, sementara sebenarnya minat saya lebih ke kesehatan n’ sains..

    mohon jawabannya ya kak..

    1. PGSD dan PGTK,…..? nggak masalah….justru di jurusan ini anda punya lebih banyak lahan…karena lahan baru saja dibuka….bahkan anda bisa menjadi yang lebih tinggi lagi dari sekedar guru SD dan TK….yaitu dosen untuk PGSD dan TK…tapi tergantung orentasi anda….apakah anda berminat dengan pendidikan anak-anak SD dan TK? jika tidak berminat, maka terus terang saja…..pada orang tua…jika niat anda kuat, maka anda harus berani mengambil langkah,…kuliah sendiri biaya sendiri,,,,,tapi saran saya lebih baik ikut ortu…..plus ditambah niat yang kuat…insy barokah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s